SMS/Whatsapp/Telepon: 0811 410 8979 aliciafloristbatam@gmail.com

Sedikit tips menanam pohon kamboja Plumeria. Pada dasarnya Plumeria termasuk pohon yang tidak terlalu tinggi. Mereka juga dapat di tanam dalam pot. Termasuk tumbuhan yang menyesuaikan media tumbuhnya. Jadi anda bisa mendapatkan keindahan bunga kamboja, baik di dalam ruangan atau teras rumah.

Plumeria termasuk genus dalam spesies tanaman semak dan masuk keluarga Apocynaceae. Yang mana tanamannya asli wilayah tropis Amerika, meliputi Brazil, Caribbean, dan Meksiko. Nama umunya Plumeria atau Frangipani, yang mana sudah memiliki banyak hybrid dan spesies turunan, yang kebanyakan digunakan sebagai tanaman ornamen.

Mereka tumbuh di daerah tropis dan subtropis, yang tersebar dipenjuru dunia dan baunya harum. Namanya Frangipani berasal dari bangsawan Italia, pada abad 16, yang membuat parfum dengan harum yang sama. Mereka umumnya banyak dijumpai di Asia dan pasifik. Umumnya dipakai sebagai tanaman pemakaman, atau dekat kuilt Hindu dan Budha.

Memiliki banyak varietas dalam genusnya yang beraneka. Perbedaan spesies memiliki bentuk berbeda dan warnanya yang beda. P. Rubra merupakan bunga nasional Nikaragua, dan P. Alba merupakan bunga nasional Laos. Jadi jangan takut untuk menanam tanaman ini. Ikuti terus tips menanam pohon kamboja Plumeria sampai akhir artikel ini.

Bunganya dikenal cantik dan menjadi ikonik bebeberapa negara. Selain bunga nasional, mereka juga dikenal sebagai ornamen hiasa. Plumeria sering anda lihat jika menonton film bertema Hawaii. Ya, bunganya lah yang dipakai orang sana untuk hiasan telinga, dan taukah anda bunganya tidak hanya berwarna putih.

Bagaimana Cara Menanam Bunga Kamboja

Bunga kamboja memiliki warna variatif yang cantik. Mereka baungnya harum cocok dijadikan bahan parfum. Warnya mulai dari kuning, merah, pink, dan putih. Memiliki tekstur variatif antara warna yang mencolok. Inilah yang membuanya tidak kalah dari mawar. Walaupun tidak memiliki cukup ruang terbuka, anda bisa menanamnya di dalam pot bunga.

Jika anda ingin menjadikan ini tanaman ornament dalam pot. Pastikan tanahnya cukup kering dan tidak terlalu asam. Mereka membutuhkan sinar matahari enam jam sehari. Walaupun tahan akan garam dan udara yang dingin, pastikan tanamannya ditanam di tempat bukan tanah. Kalau ditanam di daerah hangat, maka cocok ditanam diluar rumah atau dalam tanah.

Untuk mereka yang tinggal daerah bermusim dingin dan panas. Taruhlah tanaman dalam tanah dan outdoor, bila cuacanya hangat dengan sinar matahari. Kemudian taruhlah mereka dalam wadah bila dingin melanda, dan masukan pohonnya ke dalam indoor. Gunakan campuran tanah dicampur kaktus (tidak terpakai) dan pasir sebagai campuran.

Plumeria memiliki jangakaun ruang yang luas walaupun tempatnya kecil. Jadi nampak batang ke akarnya dalam pot, namun cabangnya bisa ke mana- mana. Banyak varian daun yang dihasilkan tergantung jenis Plumerianya. Ada daun berbentuk memanjang atau membulat, lembut daunnya atau kasar, warnya bisa hijau cerah atau daun berwarna hijau tua.

Walaupun beraneka spesies atau tempatnya, pohonnya memang nampak tegak dan rapat, atau terbuka dan mencabang tak lurus. Pada dasarnya pohonnya tergolong kecil dibanding pepohonan disekitarnya. Adapun yang berjenis kerdil tetapi justru bunganya tidak bagus. Tanaman ini akan tumbuh bila sudah dipangkas atau memang masanya berbunga.

Merawat Bunga Kamboja Plumeria

Baunya sangat harum setara jasmin, citrus, atau gardenia. Proses reproduksinya melalui penyerbukan melalui ngengat. Baunya akan muncul pada malam hari karena ngengat mahluk malam. Bisa dibayangkan tanaman ini begitu horor baik baunya maupun reproduksinya. Walaupun begitu mereka juga bisa saja berbaung wangi hari- hari lain.

Perawatan bunga kamboja terbilang minimalis. Mereka tidak butuh tanah yang basah berair. Pohon yang harus diberikan jeda dalam penyiraman. Siramlah mereka teratur dan tunggu hingga kering lalu siram lagi. Membutuhkan vitamin melalui pemupukan 2- 3 minggu sebelum musim tumbuh.

Kurangi penyiraman pada musim kering atau gugur, dan berhenti sama sekali di musim dingin. Penyiraman teratur dapat dilakukan pada musim semi. Jangan gunakan bahan nitrogen terlalu banyak dalam pemupukan mereka. Karena akan mengurangi kualitas tumbuh dan berkembangnya bunga.

Ada dua teknik menanam yakni melalui bibit atau batangnya. Taruhlah potongan batang sekitar 2 inci ke dalam pot yang disediakan. Berilah pupuk pada musim panas dengan jangka waktu sekali seminggu. Jika anda menyirami Plumeria terlalu banyak akan sia- sia. Nutrisi akan hilang dengan air yang terlalu banyak, menggunakan air irigasi membuat akarnya mati.

Itulah beberapa tips menanam bunga Plumeria. Sekaligus cara perawatannya dari menyirami, memupuk, dan cara untuk budidayanya. Pastikan anda tau jenis Plumeria apa yang hendak ditanam. Karena mereka memiliki banyak variasi pada warna bungannya. Mereka memiliki bunga yang tebal, dan seperti bermalam hingga cocok untuk jadi ornamen rumah.

error: Content is protected !!
Call Now
%d bloggers like this: