SMS/Whatsapp/Telepon: 0811 410 8979 aliciafloristbatam@gmail.com

Mengenal jenis Bunga Sedap Malam atau yang disebut Tuberose. Menurut informasi bunga ini memiliki nama lengkap Polianthes Tuberose, yang mana merupakan jenis bunga tropis asli Meksiko. Dari segi penanaman Bunga Sedap malam mampu berbunga banyak. Mereka juga dikenal memiliki aroma bunga yang wangi. Maka tidak salah bunganya sangat diminati orang.

Bunganya mampu tumbuh dan berbunga cepat, baunya harum untuk minyak, memiliki daya tahan, dan menguntungkan karena balik modal. Tanaman ini bunganya mengandung nilai astetik dari kecantikan dan baunya. Bunga Sedap Malam memiliki bentuk yang menarik dan atraktif. Mereka sudah lama ditanam untuk menghasilkan bunga, kemudian diperas minyak wanginya.

Mereka sudah biasa ditanam menjadi bibit minyak wangi. Menurut para ahli bunga, jenis bunga Sedap Malam yang berkelopak single atau tunggal, lebih wangi dibanding yang bertumpuk atau double. Bahkan saking wanginya bunga yang single dijadikan minyak wangi kelas satu. Mudahnya mereka yang berjenis single biasa dijadikan parfum, lilin aroma terapi, dan kalung wangi.

Sementara itu untuk jenis bunga sedap malam double digunakan hiasan. Mereka biasa ditaruh di dalam pot kecil atau dijadikan penghiasa kala pernikahan. Baunya sangat manis, seperti madu, dan membantu menstabilkan emosi. Berbagai senis bunga Sedap Malam biasa dikirim untuk ekspor, sehingga budidaya Sedap Malam menjadi tradisi dan komoditas di India.

Aneka Spesies Tuberose di Dunia

Banyaknya spesies Tuberose di dunia dipengaruhi kelopaknya. Secara umum terbagi dalam 12 jenis yang tersebar di dunia. Enam dari spesiesnya berwarna putih, satu dengan warna garis putih merah, dan dua berwarna merah. Ya anda benar sekali tedapat jenis bunga Sedap Malam berwarna merah. Kebanyakan dari mereka merupakan tanaman liar yang belum disentuh bunganya.

Tunggal

Bunga tunggal atau single dominan Sedap Malam putih. Baunya wangi lebih dari jenis lainnya sehingga paling mahal. Jenis bunga tunggal biasa digunakan sebagai minyak bibit. Konsentrak minyak wangi bunganya mencapai 0,08- 0,11 persent. Oleh karenanya mereka biasa dijadikan bunga ornamen, dengan tujuan sebagai pengharum untuk acara dan suasana tertentu.

Ganda

Walaupun tidak sepopuler yang jenis tunggal tetapi masih bagus. Mereka layak dijadikan bunga hias dibanding sebagai pangharum. Kelopaknya bertumpuk nampak elegan dan indah dipandang. Mereka juga menghasilkan lebih banyak kucup bunga. Satu batang bisa bercabang beberapa yang lebih banyak bunga. Spesiesnya juga cukup banyak tidak kalah dari tinggal.

Spesies Tuberose ini juga dikembangkan hybridnya denga tunggal. Itu lantas menghasilkan sebuah bunga ganda, yang berwarna putih, dan memilik bau lebih wangi. Seperti yang dijelaskan diata kebanyak spesiesnya berwarna putih. Maka bunga Sedap Malam ini sama halnya berwarna putih.

Kemudian juga diperkenalkasn varietas variegeted pada bunga. Mereka memiliki keunggulan berupa warna silver dan kunging emas. Bahkan pada bunganya ada yang memiliki garis kuning emas. Secara umum tanaman bunga ini lebih menyukai tanah yang lembut. Cocok untuk ditanam baik bertanah berpasir sedikit dan juga berlempung, tetapi lebih baik tanah lembut.

Bunga Sedap Malam lebih baik ditanam di tempat terbuka. Matahari merupakan sumber nutrisi utama untuk bunga yang wangi ini. Mereka membutuhkan daerah yang hangat, lembut udaranya, walaupun secara umum lebih baik suhu normal. Ukuaran suhunya antara 20- 30 derajat celcius. Katanya bunga Sedap Malam bisa berbunga hampir tiap tahun di suhu tersebut.

Sedap Malam berwarna putih sudah menjadi tradmark tanaman ini. Dimanapun anda akan menemukan bunga ini dengan warna yang sama. Mungkin akan membosankan bagi anda yang butuh variasi. Namun patut diingat tanaman ini memilik banyak fungsi dari baunya. Untuk dikembangkan sebagai pengharum ruangan, lilin aromaterapi, minyak terapi, atau sebagai pengarum ruangan. https://batam.aliciaflorist.com/

error: Content is protected !!
Chat whatsApp
Silahkan order disini !
%d bloggers like this: