SMS/Whatsapp/Telepon: 0811 410 8979 aliciafloristbatam@gmail.com

Banyak orang menyebutnya bunga yang mirip mawar. Kemiripannya terletak dari bentuk kelopaknya yang bertumpuk. Nama ilmiahnya Eustoma, atau dikenal dengan Lisianthus atau Prairie Gentian, adalah genus kecil dari Gentian Family. Jadi bunga ini bukanlah bagian dari bunga mawar ya. Mereka berasal dari kawasan Selatan Amerika, Meksiko, Karibian dan Utara Amerika.

Bunga Lisianthus merupakan bunga yang tak berpohon kayu. Tingginya dari 16- 60 cm dengan warna hijau mencolok, memiliki daun skulen dan bentuk bunganya bercorong ke atas. Walaupun begitu bunganya tak nampak seperti bunga jenis terompet. Bunga yang mirip mawar Lisianthus ini, tumbuh berbatang- batang yang tingginya bisa sampai 4 kaki jika memungkinkan.

Memiliki bunga yang beraneka ragam seperti mawar dan berdiameter 2 inci. Mereka memiliki kelopak dengan warna pink, ungu, putih, dan biru. Terdapat juga warna gabungan yakni kuning dan merah karmen. Eustoma ini bisa berbunga double atau single. Keduanya memiliki varian warna yang sama banyak juga. Umumnya memiliki tinggi 3 kaki, atau juga kerdil cuma 2 inci.

Menanam Lisianthus atau Eustoma

Bunga yang mirip mawar ini dikenal rumit untuk ditanam. Mereka tanaman yang membutuhkan perawatan spesifik khusus. Bibit bunganya kecil untuk ditanam di permukaan bukan dipendam. Bunga Lisianthus membutuhkan tanah yang mudah menyerap dan terkena sinar matahari. Lisianthus berbunga ketika musim panas tiba, dan bisa terus berbunga sampai akhir musim.

Jika anda berminat untuk menjadikan Lisianthus hiasan. Bunga Lisuanthus bisa bertahan dua- tiga minggu jika dipotong tangkainya.

Walaupun dikenal memiliki warna yang dingin atau muram. Telah banyak varian dengan warna yang lebih cerah seperti merah. Taukah anda bahwa bunganya memiliki benang sari yang nampak. Warnanya kuning kontras dengan kelopaknya yang berwarna (biasanya) dingin. Jika anda berpikir akan menanamnya dari bibit, itu justru bukan buat pemula untuk mencoba!

Butuh waktu lama untuk sampai bunganya nanti mekar. Utamanya jika mereka tidak ditanam di ruang kaca untuk mengatur suhu. Paling baik menanam bunga Lisianthus ialah dalam bentuk kecambah. Anda juga bisa menanamnya dalam bentuk bunga utuh. Tanaman ini menyukai suhu dengan matahari penuh, atau dengan kata lain mereka butuh sinar matahari siang.

Merawat Bunga Lisianthus

Tanahnya harus memiliki daya serap air. Gunakan tanah dengan banyak materian mineral. Gunakan bahan- bahan organik seperti kotoran hewan, kompos, atau daun kering. Sebagai catatan mereka tidak kuat dengan pH dalam tanah. Batasan pH terkandung didalam tanah antara 6,5- 7.0, atau jika anda tidak bisa mengaturnya daun akan menguning dan hilang daya tumbuh.

Anda harus membuat tanamannya tetap basah, tetapi tidak kuyup. Kalau terlalu banyak menyirami tanaman akan tumbuh jamur. Tanaman yang bunganya biasa hidup di musim panas, dan siangnya dingin walaupun musimnya panas. Mereka tidak cocok ditanam di tempat yang terbatas sinar mataharinya. Tanamannya tangguh menghadapi suhu yang lembap tetapi bukan basah.

Anda membutuhkan tambahan nutrisi khusus untuk batang. Gunakan penyubur tanaman yang mengandung potasium, yang ukurannya 1 1/2 potasiumnya dibanding nitrogen. Pastikan anda memperhatikan petunjuk dari kemasan nutrisi ini. Masalah utama dari bunga ini adalah jamur. Dimana nanti jamurnya akan menyerang dasar tanaman, masuk ke akar dan merusak pertumbuhan.

error: Content is protected !!
Call Now
%d bloggers like this: