SMS/Whatsapp/Telepon: 0811 410 8979 aliciafloristbatam@gmail.com

Mencari info- info fakta bunga mawar di internet. Kami menemukan beberapa fakta yang anda perlu tau. Bunga ini memiliki genus tersendiri. Terdapat jenis bunga yang berbeda tersebar di seluruh dunia. Beberapa yang kita ketahui hanya sedikit dari kita ketahui. Awal tanaman ini berkembang ialah di wilayah utara, tanaman yang memiliki duri dan tumbuh semak- semak.

Tanaman ini mampu tumbuh mencapai 2 sampai 5 meter. Bahkan tanamannya bisa merambat tinggi sampai 20 meter. Walaupun begitu tinggi segitu jarang sekali ditemui. Ya karena orang lebih menyukai menanam bunga ini dalam media kecil. Daunnya panjang berdiameter 5- 15 cm, setiap duanya majemuk yang setiap tangkainya berisi 3- 5 atau bahkan 9- 13 anak daun dan daun penumpu (stipula).

Daunnya melonjong, berlawanan arah, tulang daunnya menyirip, dan ada duri- duri bergerigi. Ada duri yang meruncing menuju ke ujung daunnya, pada batangnya yang dekat tanah terdapat duri juga. Info fakta bunga mawar mengatakan bahwa ini bukan tanaman tropis. Ya, asal- asul bunga mawar bukanlah dari tempat tropis, tetapi mampu bertahan menyebar di Asia Tenggara.

Beberapa spesies merontokan daunnya jika musim. Beberapa bisa hijau sepanjang tahun untuk beberapa bunga. Satu batangnya memiliki 5 helai daun mahkota. Namun pada jenis Rosa Sercie memiliki hanya 4 helai daun mahkota. Warna bervariasi dari merah muda dan putih, sampai warna yang mencolok seperti kuning, merah, dan hijau. Ovari tepat dibawah daun mahkota dan daun kelopak.

Dalam perkembangannya bunga ini melambangkan cinta. Apapun bentuknya bunga mawar mampu mengekspresikan itu. Tentu semua berkembang berdasarkan tradisi dan budaya. Dalam budaya barat mawar merupakan wujud kecantikan yang disandingkan cinta. Perlembang ini kemudian berkembang menjadi bentuk suci, dimana dewa dalam mitologi disandingkan dengan mawar.

Akhirnya merupakan tradisi menyatakan cinta lewat bunga mawar. Dan taukah anda, beberapa info fakta bunga mawar ini jarang diketahui orang:

1. Biji Mawar

Istilah yang sukar dicerna oleh orang awam maksudnya. Ternyata bunga mawar memiliki biji untuk disebarkan. Dimana burung akan mengambil sari pati bunga. Disaat bersamaan memakan bijinya untuk kemudian dikeluarkan. Dari sinilah biji yang sudah menjadi kotoran tumbuh menjadi bunga. Unik bukan cara mawar berkembang biak jika di alam luar sana, tanpa sistem yang kita kenal.

Taukah anda kandungan mawar sangat tinggi vitamin c. Uniknya itu terletak di dalam rose hips ini atau biji mawar. Burung pemakan biji- bijian sangat membantu. Salah satu burung yang dikenal sangat berperan bagi pertumbuhan mawar ialah burung flich.

2. Macam- macam Penyakit Bunga Mawar

Dibalik durinya yang merata dari daun sampai batangnya itu. Ternyata mawar tetaplah tanaman biasa yang bisa sakit loh. Penyakit umumnya ialah karat daun. Walaupun kuat mendapat serangan dari luar dengan durinya. Tanaman ini tidak imun dari penyakit umum bunga ini. Perlu anda ketahui karat daun merupakan satu penyakit yang keras. Efek lebih lanjutnya ialah tumbuhan rontok.

Penyebabnya serangan pada cendawan Phragmidium Mucronotum. Serangan yang membuat rontok daun merupakan paling berbahaya. Penyakit lain umum dirasakan bunganya ialah tepung wildew. Semacam serbuk putih yang menempel pada tanaman. Itu disebabkan oleh cendawan atau jamur Sphaerotheca Pannosa. Apakah ada penyakit lain yang kita perlu tau?

Adanya bercak hitam pada tanaman juga penyakit loh. Merupakan penyakit dari cendawan atau jamur Diplocarpon Rosae. Bercak akan terlihat pada bagian batang dan daunnya yang hijau. Selain itu mawar juga menjadi santapan nikmat untuk larva Lepidoptera.

3. Mengabadikan Aroma Mawar

Mawar termasuk tanaman yang digemari karena aromanya. Bahkan pembuat kosmetik ramai- ramai memakainya untuk bahan pewangi. Taukah anda bahwa aroma mawar dapat diawetkan dengan cara unik. Pertama anda cukup menyimpan bunga segar di dalam gelas tertutup. Ketika bunga mawar mati maka aromannya akan tertahan di dalamnya; tidak hilang dari situ.

Memilik kandungan minyak yang wangi cocok dipakai parfum. Dengan kode kimia CH3.C[CH3]:CH.CH2.CH2.C[CH3]:CH.CH2OH dan l-sitronelol. Bungannya juga memiliki rose camphor atau parafin tanpa bau.

4. Bunga Populer Semua Negara

Taukah anda bahwa mawar dipakai oleh negara Inggris sebagai bunga nasional. Di Inggris juga, tim rughby Inggris yang bernama Rughby Football Union memakai lambang mawar. Provinsi di Inggris secara spesifik yakni di Alberta berlambang mawar. Kemudian di Amerika negara bagian Iowa, North Dakota, Georgia, New York memakai mawar juga.

Adapun negara bagian Oregon, tepatnya di Portland, terdapat festival bunga mawar yang megah tiap tahun. Kota ini dijuluki sebagai kotanya bunga mawar. Bunga mawar juga menjadi simbol anti kekerasa untuk Goergia, pada tahun 2003 yang disebut Revolusi Mawar.

5. Mawar Lambang Penganggu Rumah Tangga

Menurut ceritanya tanaman bunga ini dikenal dekat wanita nakal. Ya bunga ini melambangkan mereka yang menggoda pria. Dalam bahasa Mandarin namanya Mei Gui yang artinya wanita cantik. Berduri namun memikat orang untuk memetiknya hingga terluka. Citanya yang cantik namun memiliki keburukan dalam dirinya.Sebutan lainnya Ye Mei atau mawar liar karena sulit dipetiknya.

Mawar dikaitkan dengan wanita penggoda yang berbahaya. Inilah kenapa identik lambang penganggu rumah tangga. Hal lainnya, ialah fakta bahwa tanaman ini termasuk merambat di berbagai tempat. Mereka bisa merambat di pagar rumah yang bisa sampai lebat. Inilah yang membuat ibu- ibu tidak cocok (pada dulu kala), menyebutnya sebagai tanaman yang liar dan penganggu.

Namun lambat laun pandangan ini luntur oleh budaya lain. Orang barat yang memakainya untuk tradisi valentin, membuat bunga ini menjadi lebih indah. Melambangkan wujud rasa cinta dan kasing sayang untuk orang terdekat. Jika anda memberi bunga mawar, bukan lagi berarti anda menggoda melainkan menunjukan rasa cinta.

6. Asal Usul Mawar Hitam

Dari mana asal usul mawar hitam ternyata unik. Secara alamiah mawar hitam adalah mawar merah. Info fakta bunga mawar yang anda perlu tau. Mawar hitam melambangkan kebencian atau perpisahan. Secara ekstrim dihubungkan sebagai satu perantara ilmu hitam. Dianggap sebagai alat untuk menyantet atau memelet wanita yang kita cintai.

Tetapi taukah anda bahwa ini hanyalah bunga yang kelainan. Penyebabnya ialah intensitas warna yang berlebihan pada warna merahnya. Alhasil bunga tersebut nampak seperti hitam pada luarnya. Penyebabnya ialah pigmen Antosianin dan senyawa Flavoid yang tinggi. Pekatnya terkadang terlalu hingga warnanya berubah menjadi hitam, juga terkadang bisa nampak campuran.

7. Jumlah mawar yang dijadikan hadiah

Tiga tangkai mawar cukup mewakili cinta anda yang lebih. Jika anda memberika tiga tangkai maka tidak hanya cinta. Anda mendambakan emosi yang lebih dalam. Namun juga bisa melambangkan fase menusia yakni masa lalu, sekarang, dan masa depan. 12 tangkai bunga mawar memiliki arti “aku mencinta kamu”. Sedangkan 108 tangkai menunjukan keinginan untuk menikahi pasangan anda.

 

error: Content is protected !!
Call Now
%d bloggers like this: